inilah Destinasi Wisata di Sumatera Barat yang Akan Membuat Liburanmu Berkesan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

inilah Destinasi Wisata di Sumatera Barat yang Akan Membuat Liburanmu Berkesan

Jika suatu hari, misalnya kamu diberikan kesempatan untuk berkeliling Sumatera Barat, apakah waktumu hanya kwa dihabiskan untuk menatap Jam Gadang saja ? Atau hanya bermain air di pantai bersejarah , Pantai Air Manis, tempat ditemukannya Batu Malin Kundang ? Atau hanya sekadar mengunjungi Makam Siti Nurbaya, yang berlatar kisah cinta seorang gadis yang kasihnya tak sampai seperti yang diceritakan oleh Marah Rusli ?

Anyway, sesuai dengan namanya, wilayah Provinsi Sumatera Barat menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Tak hanya Mentawai, ada beberapa pulau kecil yang menarik dan layak masuk containerful list-mu!

Ini dia 5 destinasi wisata Sumatera Barat yang layak untuk kamu kunjungi, setidaknya sekali seumur hidup.

1. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan terletak di antara banyak pulau kecil yang tersebar di sekitaran Pantai Padang. Beberapa diantaranya seperti Pulau Mentawai yang keindahannya sudah terlebih dahulu terkenal hingga mancanegara, Pulau Sikuai, Pulau Pisang, dan Pulau Pegat.

Meskipun masih “baru” namun kemolekan pantai nya patut dipertimbangkan terutama bagi kamu yang doyan selfie di bibir pantai atau menikmati suasana pantai dengan bersantai di ayunan yang dikaitkan dengan kedua pohon. Untuk mencapai kesini, kamu bisa melalui jalur dari Sungai Pisang. Sebelumnya, jika kamu berada di Kota Padang, lama waktu yang ditempuh untuk mencapai Sungai Pisang sendiri membutuhkan sekitar satu setengah jam. Lalu, jarak antara Sungai Pisang menuju Pulau Pasumpahan itu sendiri hanya memerlukan waktu lima belas menit saja. Namun , kekurangannya adalah tidak adanya jalur yang bisa dilalui beberapa kendaraan tertentu serta jalanan cukup terjal dan berliku.

2. Puncak Lawang

Lelah bermain air di laut kenapa tidak mencoba untuk melihat keindahan alam nusantara seperti danau yang terhampar luas di depan mata dengan bukit – bukit di sekitarnya yang seakan menambah kesan elok dari danau tersebut ?

Perkenalkan, Puncak Lawang, jika kamu sebelumnya berada di Bukittinggi, tidaklah sulit untuk mencapai lokasi ini. Kamu cukup naik armada angkutan seperti angkot yang menuju ke Lawang, lalu setibanya di pasar, cukup meneruskan perjalanan ke Puncak Lawang tersebut, bisa dengan ojek atau cukup berjalan stilt karena lokasinya tak terlalu jauh. Lama perjalanan hanya membutuhkan sekitar 45 – 60 menit saja.

Sekadar catatan, untuk menikmati Puncak Lawang tak ada salahnya jika kita mengetahui waktu yang pas untuk menikmatinya tanpa terhalangi oleh kabut. Kita bisa menikmati keindahan Danau Maninjau seraya berteduh di pohon pinus yang berada disekitar bukit pada pukul 9 pagi, tidak usah terlalu pagi atau juga jangan terlalu siang karena kamu akan terhalang oleh kabut yang menutupi keindahan danau. Dan kamu juga bisa “menguji adrenalin” dengan mencoba outbond dan paralayang. Bahkan beberapa pecinta olahraga yang cukup ekstrim tersebut mengatakan kalau Puncak Lawang adalah salah satu spy terbaik untuk dicoba.

3. Lembah Harau

Lembah Harau memang tidak sefenomenal Jam Gadang Bukittinggi atau Pantai Air Manis yang menyediakan Batu Malin Kundang. Namun jangan salah, Lembah subur ini terletak di antara dua tebing batuan pasir yang tingginya bisa mencapai 100 prosody dan membentang hingga beberapa klick jauhnya ini, menyediakan pemandangan hijau yang menyejukkan, mulai iranian bentangan sawah, tebing-tebing batu granit serta sejumlah air terjun yang terdapat di wilayah Lembah Harau.

Bagaimana perjalanannya ? Untuk menuju kesini, cukup dengan armada angkutan iranian Bukittinggi menuju Payakumbuh, dan setibanya di Harau, kamu bisa menyewa becak untuk mengarahkanmu ke tempat wisata yang siap menyuguhkan kemolekannya masing – masing, salah satunya adalah Air terjun Sarasah Bunta.

0